Monday 3 June 2013

Butuh Webcam Mendadak? Pakai Android saja.

sumber mobilegeeks.de

Kebutuhan manusia akan sektor entertainmen sejauh ini memang sangat beragam. Teknologi sekarang ini pun cukup memberikan kontribusi yang sangat signifikan untuk segala kemudahan akses ke sosial media bagi tiap orang. Seperti melihat sebuah 'tuntutan' bila setiap hari, mayoritas masyarakat memang harus mendapat sentuhan 'teknologi' yang berbeda-beda guna menyalurkan/berbagi hal apapun yang sedang terjadi di sekitar mereka. Tak terkecuali bagi para pengguna sebuah sistem operasi smartphone tercanggih yang sedang digandrungi saat ini yaitu Android besutan si eyang Google. Apa anda adalah seorang Yahoo Messenger Holic atau Skype Maniac? Bila iya, maka dapat dipastikan bahwa kehidupan anda tidak bisa lepas dari benda yang bernama webcam. Nah bagaimana jika suatu saat anda lupa untuk membawa webcam ataupun webcam bawaan pada laptop anda sedang mengalami trobel? Sekarang anda tidak perlu lagi khawatir bila anda mengalami hal-hal yang tidak diingikan tersebut, karena bila anda memiliki perangkat android maka hal-hal semacam itu dapat segera teratasi. Ingin tahu bagaimana caranya? 
sumber mobile.brothersoft.com
Dalam hal ini, yang harus anda persiapkan terlebih dahulu adalah sebuah smartphone berbasis Android dengan koneksi Wi-Fi atau kuota paket data yang cukup. Silahkan lakukan beberapa langkah berikut;
  • Dari ponsel Android anda, silahkan buka aplikasi Google Play Store dan masukkan kata kunci "webcam apps" pada kolom pencarian
  • Setelah memasukkan kata kunci, Google Play Store akan memberikan beberapa rekomendasi untuk kata kunci anda, seperti IP WebCam, WO Webcam Lite, dan DroidCam Wireless Webcam.
  • Silahkan anda lihat-lihat terlebih dahulu mengenai rating dan komentar dari orang-orang yang sudah menggunakan aplikasi tsb, lalu pilih salah satu kemudian Download &Install ke Ponsel Anda
  • Ketika proses peningstalan selesai, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menjalankan aplikasi webcam yang sudah anda download tersebut, instruksi dari ketiga aplikasi diatas memang berbeda-beda.
  • Silahkan anda atur dan masukkan alamat IP untuk server Android anda terlebih dahulu pada pengaturan aplikasi webcam (Pada perangkat tertentu, alamat IP dan Port sudah otomatis terdeteksi)
  • Setelah ini, anda hanya tinggal mengatur ukuran resolusi camera yang anda inginkan pada menu "Video Preference" yang selanjutnya untuk mulai menjalankan dan menghubungkan kamera ponsel android anda ke PC. 

Saya sangat merekomendasikan anda untuk memakai koneksi Wi-Fi, karena bila anda memakai layanan paket data kemungkinan kuota yang dipakai akan lebih besar.

Sumber (eHow)

No comments:

Post a Comment