Thursday 28 March 2013

[Tips] Panik karena ponsel kemasukan air? Lakukan cara ini untuk menyelamatkannya.

Siapa yang tidak panik bila perangkat ponsel kesayangan anda tiba-tiba kemasukan air secara tidak sengaja, seperti tercebur ke kolam, terkena air hujan dsb. Namun, kebanyakan orang memang selalu panik terlebih dahulu dalam menghadapi situasi seperti ini. Karena ponsel adalah perangkat yang sejatinya sudah menjadi kebutuhan mutlak, maka wajar bila barang ini memiliki beragam resiko yang bisa mengancam siapa saja yang memakainya.



Dan kelemahan ponsel itu memang mayoritas pada media air, debu, serta goncangan karena ponsel itu sendiri memiliki komponen-komponen micro bersifat sensitif, rawan kerusakan  dan tidak memiliki kapasitas lebih untuk menyesuaikan diri terhadap media seperti itu. Kalau anda tahu ponsel itu adalah sebuah barang sangat berguna bagi anda, namun kenapa anda tidak memperlakukannya seperti barang yang sangat berguna. Kadang orang lupa atau memang belum mengetahui cara merawat ponsel yang benar itu seperti apa, padahal 'umur' perangkat anda memang bergantung dari cara pemakaiannya. Karena disini saya mau membahas tentang hal yang sangat krusial yang harus anda lakukan ketika ponsel anda dengan terpaksa telah terkena air walaupun itu secara tidak sengaja. Kebanyakan orang mungkin langsung berputus asa ketika melihat ponselnya tercebur di kolam, ataupun mati total ketika usai bersentuhan dengan media air. Akan tetapi, jika anda langsung melakukan tindakan penyelamatan, ada kemungkinan ponsel anda masih dapat diselamatkan. Berikut adalah hal-hal yang harus anda lakukan ketika ponsel anda terkena air. Ingat sekali lagi, mohon JANGAN PANIK terlebih dahulu, karena proses penyelamatan ini butuh ketenangan supaya bisa mencapa hasil maksimal dan tentunya membuat ponsel anda 'hidup' kembali.

Perlengkapan yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum memulai
- Tissue halus dan Handuk kering.
- Vacuum Cleaner (tidak dianjurkan untuk menggunakan hair-dryer)
- +/- 300gr Beras kering
- mangkok (untuk diisi dengan beras)

Peringatan
- Jangan membiarkan kondisi ponsel anda yang basah dalam jangka waktu yang lama, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan hardware pada ponsel anda seperti kabel fleksibel, LCD, dll.
- Mohon jangan meletakkan ponsel anda yang masih basah diatas microwave, laptop, atau barang elektronik lainnya yang dapat menghantarkan hawa panas.
- Bila ponsel anda terkena air asin seperti air laut, maka yang harus anda lakukan adalah membilas dulu sampai bersih sebelum terjadi pengkristalan air laut di ponsel anda.
- Jangan panik, tetap tenang, dan lakukan cara penyelamatan seperti dibawah ini dengan benar.
- Berdoalah semoga ponsel anda bisa kembali hidup, tetap optimis dan jangan lupa untuk lebih berhati-hati untuk kedepannya agar tidak terjadi hal serupa.


Metode penyelamatan ponsel yang terkena air dengan baik dan benar, sebagai berikut;
1.) Sesegera mungkin cepatlah hindarkan/jauhkan ponsel anda bila sudah terlanjur masuk ke dalam air.
- Hal ini adalah tindakan dasar yang harus anda lakukan pertama untuk menyelamatkan ponsel anda, mengingat tiap ponsel memiliki komponen-komponen yang berbeda dan tentunya tidak akan memiliki ketahanan yang cukup lama terhadap media air. Pada umumnya, para perusahaan pengembang ponsel sudah mendesain ponsel garapan mereka dengan tingkat kerapatan yang berbeda-beda. Kebanyakan ponsel saat ini sudah memiliki kover-chasing plastik yang cukup rapat sehingga relatif dapat mencegah air akan masuk ke dalam ponsel. Dalam proses ini, semakin cepat anda menyelamatkan ponsel anda, maka ada kemungkinan bahwa itu juga dapat meminimalisir kerusakan-kerusakan yang lebih lanjut.


2.) Pastikan anda tidak memasang charger pada saat ponsel sudah diselamatkan dari air.
- Pada bagian ini, kebanyakan orang memang salah mengerti bahwa ponsel yang baru saja terkena air dapat dihangatkan dengan efek mengecas hp, tapi justru itu yang dapat membahayakan kondisi ponsel yang baru saja terkena air ini. Karena pada umumnya, prinsip barang elektronik sejatinya akan kalah dengan air, dan bila anda menambah asupan daya elektro seperti mengecas ketika kondisi ponsel masih cukup basah, maka hal tersebut sangat amat berbahaya pada perangkat elektronik di ponsel anda dan tak disangka bisa menimbulkan kejutan arus pendek atau resiko terburuknya adalah timbul bau hangus/terbakar dari dalam ponsel anda.


3.) Segeralah lepaskan casing ponsel, baterai, kartu SIM, Kartu Memori, dan aksesori ponsel lainnya.
- Komponen ini adalah yang paling penting untuk anda dalam tindakan penyelamatan ponsel yang telah basah ini. Baterai akan sangat sensitif terhadap air, komponen ini rawan rusak bila ada sejumlah air bisa menyusup ke dalamnya. Casing ponsel dikeluarkan untuk membuang air yang terserap oleh casing sehingga tidak ada resapan dari tetesan-tetesan air yang tidak diinginkan. Kartu SIM adalah hal yang vital yang perlu anda selamatkan terlebih dahulu, karena ada kemungkinan bahwa air juga dapat menyerang kartu SIM yang bisa mengakibatkan kartu SIM menjadi tidak terbaca. Setelah terlepas semua, pastikan anda mengecek sudut-sudut dimana baterai ditempatkan, hal ini bertujuan untuk melihat apakah air sudah merembes ke sekeliling permukaan ponsel atau belum. Dan ingat, anda tidak perlu panik dalam situasi ini, kuncinya adalah tetap tenang dan optimis kalau ponsel anda masih bisa terselamatkan.



4.)  Siapkan beberapa helai tissue halus dan handuk bersih.
- Setelah selesai mengeluarkan komponen-komponen vital dari ponsel anda, maka yang harus anda lakukan sekarang adalah membersihkan sisa-sisa air yang masih ada di sekeliling ponsel sebersih mungkin. Hal ini bertujuan untuk menetralisir pergerakan air supaya tidak merembes ke komponen-komponen vital yang lainnya. Pada saat anda membersihkan dengan tisu/handuk, harap untuk mengusap dengan gerakan yang halus, dan tidak boleh terlalu cepat karena tindakan tersebut akan menimbulkan kerusakan yang makin fatal untuk ponsel anda. Serta usahakan tangan anda dalam posisi kering supaya tidak menambah intensitas air yang masih tersisa di ponsel anda. perlahan-lahan anda bersihkan, setelah bersih total, silahkan lanjut ke langkah berikutnya.


5.) Gunakan Vaccuum Cleaner/pembersih debu.
- Cara ini akan sangat membantu anda membersihkan sisa-sisa air dalam ponsel anda yang tidak bisa dijangkau oleh tissue dan handuk. Dan perlu saya tekankan disini, anda tidak boleh menggunakan Hair-dryer/pengering rambut. Karena efek panas dari hair-dryer itu  sangat berbahaya bagi kondisi ponsel anda yang baru saja terkena air. Penggunaan vaccuum cleaner ini juga tidak boleh berlebihan, dan sebaiknya anda gunakan merata mengelilingi ponsel anda selama kurang lebih 20 menit. Mengapa harus 20 menit ?
Jawabannya simple saja, karena vacuum cleaner ini tidak sedang membersihkan debu pada ponsel anda, melainkan sedang membersihkan sisa-sisa air. Jadi diperlukan estimasi waktu yang cukup lama supaya penggunaan vaccuum cleaner ini menjadi efektif menyedot sisa-sisa air di ponsel anda secara maksimal.
Pengeringan menggunakan vaccuum cleaner/pembersih debu ini cukup terbilang lebih efektif menjangkau seluruh permukaan ponsel anda yang basah, dan ini adalah salah satu cara penyelamatan tercepat untuk ponsel anda yang terkena air. 

6.) Taruhlah ponsel anda bersama beras selama satu malam.
- Mengapa harus beras? Baiklah, beras memang sejatinya adalah salah satu bahan pangan yang memiliki daya penyerepan air yang cukup baik. Cara ini mungkin lebih dikhususkan untuk memastikan bahwa memang tidak ada sisa-sisa air yang mengendap di dalam ponsel anda pasca terkena air. Setelah anda selesai mengeringkan ponsel dengan menggunakan vaccuum cleaner, segeralah taruh ponsel anda ke dalam tempat anda menyimpan beras, posisikan ponsel anda berada diantara beras, dan pastikan untuk tidak memasang baterai dan komponen-komponen lainnya terlebih dahulu. Diamkan selama kurang lebih 1x24 jam agar mendapatkan hasil maksimal. Perlu diingat juga bahwa jangan terburu-buru memasang baterai dan aksesori ponsel yang lain, biarkan ponsel dalam kondisi mati/off.


7.) Setelah step 6 selesai, maka letakkan ponsel anda di atas handuk/bahan kain yang memiliki sifat penyerapan terhadap air.
- Dalam proses ini, anda dituntut untuk memposisikan ponsel anda tepat diatas handuk/bahan kain yang dapat menyerap air. Dan kemudian diamkan hingga 4-6 Jam, silahkan cek tiap jam apakah handuk tsb sudah ada tanda-tanda menyerap sisa-sisa air yang masuk atau belum. Proses ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan penyelamatan yang anda lakukan kepada ponsel anda. Saat tahap ini sudah selesai anda lakukan, maka untuk finishingnya adalah coba ulangi proses pengeringan dengan vacuum cleaner, dan usap kembali dengan tissue halus secara perlahan agar benar-benar bersih.


8.) Coba Nyalakan Ponsel Anda.
- Bila semua proses diatas dilakukan dengan benar, maka seharusnya ponsel anda sudah bisa dinyalakan pada tahap ke 8 ini. silahkan pasang baterai dan aksesori ponsel yang lainnya seperti Kartu SIM, Kartu Memori, dll. Coba nyalakan ponsel anda. Apabila ponsel masih tetap tidak mau menyala, maka ada kemungkinan kerusakan yang terjadi akibat air yang masuk pada hardware ponsel anda memang cukup parah. Belum sampai disitu, cobalah  melepas baterainya, kemudian sambungkan ke charger. Dan silahkan nyalakan ponsel anda, bila bisa menyala, maka dapat dipastikan tidak ada masalah dengan hardware, dan anda hanya perlu mengganti baterai yang lama. Segera ke Service Center terdekat untuk mendapatkan baterai resmi untuk ponsel anda.


Sumber/Gambar (WikiHow)

2 comments: